Layout Peta dengan Mudah Dengan ArcGis


 Layout Peta dengan ArcGis

semoga tulisan saya ini bisa membantu.

Tampilan ArcMap sebelum kita me layout peta ..... kita tentukan dulu data apa yang mau kita layout..
dalam tutorial ini saya memakai data kawasan gunung marapi sumatera barat. ..



setelah data kita masukan atau tampilkan selanjutnya kita pindah ke menu layout..
yang terlihat pada gambar berikut :

untuk tampil seperti gambar diatas kita arus ke pergi ke layout view, terletak pada pojok kiri pada tampilan arcgis, lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di atas yang berlingkaran itam. selanjutnya kita dapat memilih tipe kertas dan tampilan layoutnya. berikut langkahnya , langkah yang pertama kita pergi ke menu file selanjutnya pilih page and print setup untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah brikut:
seletah kita klik page and print setup akan tampil sebagai berikut, selanjutnya kita bisa mengatur tipe kertasnya disini saya memakai A3, dan Orientation nya dengan landscape, lalu ok. 
selanjutnya tampilan pada ArcMap akan tampil seperti berikut, skalanya bisa kita sesuaikan dengan luas daerah kita disini saya memakai skala 1 : 120.000. untuk menggeser peta nya kita bisa klik peta setelah aktif kita bisa sesuaikan tampilannya sesuai besarnya kertas dapat dilihat pada gambar dibawah:


Untuk menampilkan grid pada peta, kita klik view data frame Properties untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

setelah kita klik akan keluar tampilan seperti berikut, lalu kita pilih grid lalu pilih new grid.



akan mencul seperti berikut lalu klik next

Selanjutnya kita sesuaikan intervals lalu next


Selanjutnya next


lalu finish

setelah selesai kita pilih view lagi selanjutnya pilih grid , langkah ini untuk mengatur besar tulisannya dan supanya koordinatnya mengekuti garis langkahnya pertama kita klik menu view selanjutnya data frame propeties lalu grid, sejanjutnya pilih propeties untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Ukurann size nya ganti 12 atau sesuai keinginan, selanjutnya centang label orientation nya lieft dan rigth lalu oke.


setelah kita atur akan tampil seperti gambar berikut :

langkah selanjut nya kita akan membuat kotak-kota untuk tempat judul, legenda, inset, sumber dan nama pembuat. langkanya sebagai berikut, kita pilih rectangle pada menu drawing, untuk lebih jelasnya nya dapat kita lihat gambar berikut : 

Misalnya tampilan drawing nya belum tampil pada Acrmap kita bisa keluarkan dengan cara, kita klik kanan pada pojok kanan atas pada bagian yang kosong , lalu akan keluar pilihan , kita centang Draw, dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Berikut gambar peta yang sudah kita beri kotak, yang paling atas untuk temapt judul, bawahnya legenda, lalu insets lalu sumber

untuk memasukan judul, legenda, mata angin dan inset kita bisa klik menu insert lalu pilih text untuk judul, legent untuk legenda, north arrow untu mata angin, test lagi untuk sumber dan nama sipembuat, lalu untuk inset kita pilih data frame lalu kita add lagi data shp misalnya sumatera barat sesuai peta kita. 


Berikut contoh peta yang sudah siap di layout:


Selanjut nya kita bisa menyimpan peta pada format jpg atau PDF langkahnya pergi ke menu file lalu pilih Export Map. 

Setelah kita klik akan muncul seperti gambar di bawah ini, lalu kita tentukan lokasi penyimpanannya lalu save tipe nya selanjutnya save.


kalau kurang jelas bisa beri komentar pada kolom komentar.
sekian terimakasih..................................................................

fadliafrianto79@gmail.com


Comments

  1. Replies
    1. Berbagi ilmu itu kan ibdah bg..
      Stuju kan bg haha..

      Delete
  2. wiihh, ini sih sangat menarik kak. artikelnya POOOLL mantapp. beserta tutorialnya juga . saya sanagt suka. sukses ya kak
    oh iya, jangan lupa kunjungi website sayaa ya :
    http://irma24.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. pagi admin
    terima kasih min ilmu nya sangat berguna dan artikelnya sangat the best mengenai langkah - langkah layout Gis nya.... ^_^
    Bila berkenan kunjungi juga website universitas saya : http://www.atmaluhur.ac.id/ dan blog saya di : https://martha.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MERUBAH LINE MENJADI POLYGON PADA ArcMap 10.1

Generalization, Eliminate, membersihkan data, menghilangkan polygon yang kecil, AcrGis, Toolboox,