Generalization, Eliminate, membersihkan data, menghilangkan polygon yang kecil, AcrGis, Toolboox,




ELIMINATE
Dalam pembuatan peta sering kita menemukan polygon-polygon yang mempunyai ukuran luas yang kecil, contohnya waktu overlay hasil dari overlay kita mendapatkan luas polygon yang kurang dari 1ha atau lebih kecih, sihingga kita harus membersihkan polygon-polygon tersebut. Hal ini bisa kita lakukan Generalization  dengan menggunakan tool Eliminate pada software ArcGis. Langkahnya yaitu Buka ArcToolbox - Data Management Tools - Generalization - Eliminate. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat langkah berikut.
1.      Sebelum melakukan generalisasi / Eliminate kita terlebih dahulu melakukan seleksi atau memilih polygon yang akan kita generalisasi. Langkahnya buat field baru lalu beri nama luas (ha) atau sesuai keinginan.

Tonton : 



Cara download citra landsat






2.      Selanjutnya klik kanan pada field luas tadi lalu calculate geometri (pastikan sistim koordinat nya sudah UTM atau Projected Coordinate Systems)



3.      Setelah kita mengetahui luas polygon lalu klik kanan 2x di field luas. Setelah luas terurut atau teratur dari urutan yang kecil ke yang besar atau sebaliknya lalu pilih select by attributes. Selanjutnya klik field luas lalu tentukan besar luasan yang akan eliminate contoh : disini saya akan melakukan generalisasi pada luasan yang kurang dari setenga haktar (“luas” < 0.5) lalu apply.

4.      Selanjutnya buka ArcTollbok – Data Management Tolls – Generalization – Eliminate.
Lalu input layer isikan shape file yang akan kita eliminate dan Output Feature Class pilih lokasi penyimpanan file kita. Yang lain biarkan kosong lalu oke.


BERIKUT HASIL ELIMINATE KITA BISA MELIHATNYA DI ATRIBUTE TABLE

semoga bermanfaat dan bisa membantu....................................

Comments

Popular posts from this blog

CARA MERUBAH LINE MENJADI POLYGON PADA ArcMap 10.1

Layout Peta dengan Mudah Dengan ArcGis