Laporan Meteorologi dan Klimatologo


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Untuk menambah pengetahuan dan menjalani konsep yang slama ini di dapat dari perkuliahan di dalam ruangaan kampus maka perlu dilakukan paktet untuk memperdalam teori tersebut. Karna Pelajaran yang telah diperoleh dalam ruang kuliah tidak hanya cukup pada pengethauna konsep maka butuh dibenarkan dalam bentuk pengkajian. Yakni dalam aplikasi dilapangan.
Dari itu semua maka mata kuliah pratikum meteorology dan klimatologi perlu ditinjau langsung kelapangan. Maka dipilih tempat untuk Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)sicincin. Yang kemudian disusun semua hasil pelajaran dalam bentuk laporan.
B.      Tujuan
Mahasiswa  dapat  memahami unsur-unsur  pembentukan cuaca/iklim,  juga dapat memahami cara kerja alat-alat meteorologi/klimatologi serta dapat mengumpulkan  dan mengolah datanya.
C.    Lokasi Praktikum
Lokasi  praktek  ini dilaksanakan di  Badan meteorology,Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sicincin
D.     Waktu praktikum
Praktek lapang ini  dilaksanakan pada  hari/  tanggal, rabu 11 april 2012.
E.     Alat dan Bahan
Tersedia  di Stasium BMKG sicincin







BAB II
KAJIAN TEORI

Pengertian
Meteorolgi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari atau membahas pembentukan dan gejala perubahan cuaca serta fisika yang berlangsung di atmosfer.
Cuaca dan iklim selalu menyertai dan mempengaruhi kehidupan manusia dibumi. Oleh karena itu, pengertian tentang cuaca dan iklim perlu dipelajari untuk mendapat suatu pertimbangan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Cuaca adalah rata-rata kondisi atmosfer pada suatu tempat tertentudengan waktu yang relatif singkat. Udara merupakan benda gas yang menyelubungi bumi dengan ketinggian tertentu, tidak berwarna, tidak berbau,tidak dapat dilihat, dan tidak dapat dirasakan, kecuali dalam keadaan bergerak (angin). Cuaca wilayahnya relatif sempit dan senantiasa cepat berubah setiap saat dari waktu ke waktu. Cuaca diamati dan dipelajari secara rutin oleh meteorology dan geofisika yang hasilnya digunakan untuk kepentingan penerbangan, pelayaran dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan cuaca.
Iklim adalah  keadaan rata-rata cuaca dari satu wilayah yang luas dan diperhitungkan dalam jangka waktu yang lama, antara 30-100 tahun. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorology dan ilmu yang mempelajari iklim adalah klimatologi.
klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala cuaca secara umumdalam waktu yang lebih lamadan pada daerah yang relative luas.








BAB III
PEMBAHASAN DAN HASIL

A.        TAMAN ALAT
Taman alat adalah tempat penempatan alat – alat yang dipergunakan untuk pengamatan terhadap cuaca dan iklim. Peralatan ditata dengan sedemikian rupa untuk mempermudahkan melakukan pengamatan dan mengoptimalkan kerja alat.
Description: C:\Users\vad_lea\Desktop\New folder\Foto409.jpg
Gambar taman alat
        B.       SANGKAR METEOROLOGI
Sangkar  metereologi dipasang dalam taman alat yang berbentuk seperti rumah. Dalam sangkar metereologi dipasang alat-alat seperti thermometer bola kering dan thermometer basah, thermometer maximum dan evaporasi jenis piche. Ke semua alat ini dipasang didalam sangkar agag hasil pengamatan dari pempat dan waktu yang berbeda dapar dibandingkan. Selain itu alat dapat terlindungi dari raiasi matahari langsung (panas), hujan(dingin), debu dan binatang, sehingga data yang diperoleh dapat akurat.


C.     ALAT PENAKAR CURAH HUJAN
Alat pengukur curah hujan ada dua macam yaitu alat penakar curah hujan tipe Hellman, alat penakar curah hujan OBS (observatorium) dan alat penakar tipe ARG
a)      Alat Penakar Hujan Type Hellman.
Alat ini bekerja secara otomatis, Alat ini berfungsi untuk mengukur besarnya curah hujan dalam satu dalam satuan (mm) pengamatan yang dilakukan dimulai pada jam 07.00 pagi
      Description: Hellman-1
      Gambar Penakar Hujan tipe Hellman

Cara Kerja Alat :
Pada saat terjadi hujan, air huajan  yang jatuh akan masuak kedalam mulut corong kermudian diteruskan dalam saluran pelampung. Bila huajan berlanhsung terus, maka pelampung akan terangkat adan pena pencatat akan terangkat pula dan akan membentuk grafik pada kertas pias, bila pena pencatat telah menunjukakan angka 10 maka penah tersebut akan kembali ke angka nol begitu seterusnya sampai hujan berhenti adan apabiala air dalam pelampung telah penuh maka pada kertas pias akan terdapat dua garis yaitu:
- Garis vertical yang menunjukkan besar kecilnya curan hujan.
- Garis horizontal yang menunjukkan jam (waktu) sealama turunnya     hujan.
Jumlah curah hujan dalam sehari berdasarkan grafik yang ditunjukkan pada kertas
b)     Alat Penakar Hujan Tipe OBS (Observatorium)
Alat ini bekerja secara manual, alat ini terbuat dari aluminium yang bentuknya menyerupai sebuah tabunh yang berbentuk corong, alat ini diacat putih atau cat perak untuk menghindarkan pengaruh radiasi sinar matahari yang menyebabkan penguapan. Pada mulut corong dibuat menyempit untuk menghindarkan terjadinya penguapan
Alat ini berfungsi untuk mengukur jumlah curah huajan yang jatuh pada permukaan tanah selama 1 hari (24) jam, curah hujan ini dicatat dan diamati pada jam 07.00 pagi.

Description: 1_Penakar Hujan OBS
Gambar : penakar hujan tipe OBS

Cara kerja:
Air hujan yang jauh kepermukaan bumi akan masuk melalui mulut corong dan diteruskan kedalam bak penampung yang dialirkanmelalui pipa sempit yang ada diujung corong penakar, air dalam tabung tersebut ditakar dengan cara air yang berada dalam reservoir dikeluarkan melalui kran dan diamasukkan dalam gelas ukur.Penunjukan intensitas air dalam gelas ukur menunjukkan jumlah curah hujan dalam 1 hari (24 ajam)
Bila tidak ada hujan,maka data ditulis (-)
Bila hujan lebih kecil dibulatkan ke nol (0)
Bila hujan lebih besar dari nol ditulis (1)

c)      Alat penakar hujan tipe ARG
Alat ini bekerja secara otomatis, Alat ini berfungsi untuk mengukur besarnya curah hujan dalam satu dalam satuan (mm) pengamatan yang dilakukan dimulai pada jam 07.00 pagi

Description: DSC00204
Gambar Alat Penakar Hujan Tipe ARG Cara Kerja Alat :
Cara kerja:
Pada saat terjadi hujan, air huajan  yang jatuh akan masuak kedalam mulut corong kermudian diteruskan dalam saluran pelampung. Lalu data akan tercatat pada monitor , lalu data akan dikirim pada computer




D.      ALAT PENGUKUR SUHU UDARA

Alat pengukur suhu udara ada 4 macam antara lain :
¨   Termometer bola kering
¨   Termometer bola basah
¨   Termometer maksimum
¨   Termometer minimum
Alat pengukur suhu udara  dipengaruhi langsung oleh matahari Oleh Karena itu    alat-alat tersebut harus ditempatakan pada tempat tertentu yaitu pada sangkar meteorology. Sangkar ini berfungsi untuk melindungi alat-alat pengukur suhu udara tersebut.

Termometer bola  basah
Alat ini berfungsi untuk mengukur  suhu  udara. Pada saaat pengukuran alat  ini dipasang berdampingan dengan bola  kering pada  tiang statis.
Termometer ini terdiri  dari tabung gelas yang  didalamnya terdapat  pipa kapiler. Pada ujung yang  lain  dihubungkan dengan air yang ada  pada  bak (dihubungkan dengan  kain  muslin dan  baik air  dihubungkan dengan udara luar)
Cara  kerja :
Termometer  bola basah dalam  proses kerjanya  dihuibungkan dengan udara luar  melalui  kain  muslin  yang  dihubungkan dengan air. Pada dasarnya  alat  ini bekerja  melalui  proses penguapan. Pada saaat  suhu nai,k maa  air yang ada  pada kain  mudslin akan menguap sehingga  air  raksa  dalam  pipa kapiler  bergeak turuin dan  mennyusut
Termometer  maksimum
Thermometer  ini berfungsi untuk mengetahui suhu maksimum dalam jangka waktu  tertentu,  biasanya  dalam jangka  waktu satu hari. Tetapi  di atas  reservoid terdapat suatu bagian yang  se mpit karena adanya  stip  kaca. Jika  suhu naik air raksa  dalam reservoir a kan memmuai dan dipaksa melalui bagian sempit  ke  dalam pipa  kapiler. Jika  suhunya  turun, air raksa dalam  pipa  kapiler tidak  kembali dalam reseervoir  karena tertahan bagian yang sempit.
Termometer  minimum
Termometer  ini  berfungsi untuk mengukur  suhu  terendah dalam waktu tertentu  yaitu  dalam waktu satu  hari. Di dalam pipa  kapiler  terdapat stip  kaca  karena  reaksi alkohol tidak  seberapa  cepat. Maka reservoir  termometer ini dapat  dibuat dalam bentuk tapak kuda
cara kerja :
Jika terdapat  penurunan suhu udara maka  alcohol dalam reservoir akan  menyumbat sehingga alcohol dalam pipa kapiler akan  mengisi  ruang hampa yang terjadi dalam reservoir, sehingga indeks yang ada dldam pipa  kapile  ikut menggesser sesuia dengan penurunan  suhu udara saaat  itu. Bila suhu udara  naik, maka  alcohol akan memuai mengisi  atau mendesak alcohol dalam  pipa  kapiler  sehingga  permmukaannya akan  naik. Namun indeks akan tetap  pada  tempatnya.
Temperatur yang terendah dan tecapai  pada  suatu saat  ditunjukkan oleh  suatu stip kaca yang terdapat dalam bejana  kapiler. apabila temperatur itu turun maka  stip kaca dibawa oleh  kekuatan  alcohol, akan tetap  pada  tempatnya jika temperature naik. Jadi  ujung stip menunjukkan temperature yang  terendah.


E.       ALAT  PENGUKUR PENGUAPAN
Panci PenguapanAlat
alat  ini berfungsi untuk  mengetahui besarnya  penguapan  radiasi langsung dari matahari.


cara  kerja :
Panci penguapan  diisi air setinggi 20 cm sehingga di atas rongga 5 cm pengukuran dilaksanakan  pada  permukaan air dalam keadaan  tenang di dalam tabung peredam riak. Untuk mengukur dan membaca skalanya, maka tabung  pengaman didekaatkan ke panci dengan maksud agar  permukaan air tetap  tenang dan tidak  terlalu  bergelombang. Sesudah  itu sekrup patrol diputar sambil melihat ujung  panci dari hungging  di dalam tabung  pengaman. Skrup pengontrol  yaitu berada  di atas penyangga hugging  berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan skala. Jika sikrup itu diputar kembali ke kanan maka tiang skala turun  angka  yang  dibaca adalah  angka  yang terdapat tegak lurus demngan sekrup pengontrol. skala adalah angka (1)  sampai (100)
F. ALAT  PENGUKUR  LAMANYA  PENYINARAN DAN  INTENSITAS   MATAHARI
a. Radiameter Gun Bellani
Berfungsi untuk mengukur  intensitas  matahari secara komulatif pada suatu  periode (harian) yang  dinyatakan dalan suatu kalori
tinggi alat  secara  keseluruhan adalah 64 cm. Radiator  Gun bellani ini dipasang pada  sebuah tabung yang ditanam di dalam tanah.  Juga yang nampak dari luar  hanya  bola kacanya karena ada  pennyangga  bola kaca yang  posisisnya sejajar dengan per mukaan tanah sehingga  sinar matahari dapat jatuh dengan  tepat pada  alat.sehingga  pipa  kaca dari alat ini tersem bunyi dalam tabung di dalam tanah.
Cara  kerja
Sinar matahari pada  pagi  hari pertama kali tiba pada permukaan kuba kaca, kemudian diteruskan lewat ruang  hampa dalam bentuk panas dan  tiba pada permukaan berwarna hitam. Warna hitam pada tembaga dimaksudkan agar semua radiasi tiba dipermukaan bola tembaga dan dirubah dalam bentuk energi kalor. Sehingga keadaan suhu dalam tabung bertambah. Suhu yang tinggi itu digunakan untuk menguapkan ait dalam bola hitam. Makin tinggi intensitas radiasi matahari makain banyak pula air yang menguap, uap ini selanjutnya akan masuk kedalam tabung buret. Sehingga uap air tadi dirubah dalam bentuk cair.
Untuk mengetahui intensutas yaitu dengan melihat jumlah air yang tertampung dalam tabung skala, kemudian langsung dibalik sa,pai air dalam pipa terserap kedalam bola hitam (kemudian dibaca sebagai pembacaan pertama) setelah itu nalat dimasukkan kembali kedalam tana .
 b. Cambell stokes
Fungsi alat ini yaitu untuk mengetahui lamanya penyinaran matahari dalam satuan jam/persen, lamanya penyinaran yaitu 12 jam. Sinar matahar yang ditangkap oleh bola kaca yang sifatnya mengumpulkan sinar ketitik api yang tepat pada kertas pias. Maka kertas itu akan terbakar apabila terajadi penerimaan radiasi sinar matahari,  dari berkas-berkas yang terbakar ini dapat ditentukan berapa lama matahari bersianar pada hari tersebut.
Cara  kerja
Pada saat matahari  bersinar cerah (yaitu intensitas radiasi sinar  matahari sama  atau lebih besar dari 0,3  kalori cm-2 menit -1) Sinar  yang jatuh pada  bola  kaca akan dikumpulkan dan difokuskan pada suatu titik dan diarahkan pada kertas  pias. Kertas  pias  akan m,enerima  sinar dalam benntuk  titik  api dan meninggalkan  bekas  terbakar pada  kewrtas  pias-pias ini akan cekungan logam yang  terdapat  ada  titik api  oki panjang  bekas  terbakar pada  kertas  pias merupakan  lama penyinaran sinar matahari.

v  Kertas  lengkung  panjang digunakan selam periode "Summer"  setempat
v  Kertas  pias  garis  lurus digunakan selama  periode "Ekeuinoke" setempat
v  Kertas pias lengkung pendek digunakan selama periode "winter' setempat lama penyinaran matahari juga dapat dinyatakan dengan  persentase selain dinyatakan dengan waktu saja.

G. ALAT PENGUKUR TEMPERATUR DAN SUHU TANAH
a. Termometer tanah berumput
Berfungsi untuk mengukur temperatur atau suhu tanah berumput pada masing-masing kedalamannya.

Description: DSC00213
Gambar : thermometer tanah berumput
Cara kerja alat:
Thermometer ini terdiri dari 7 buah alat yang pada bagian bawahnya ditanam dalam tanah, apabila alat ini terkena sinar matahari, maka suhutanah akan naik menyeababkan air raksa dalam reservoir thermometer akan naik dan menunjukkan sakaala pada pipa.
Aplikasinya pada pertanian untuk mengetahui suhu tanah ayang berumput dan tanaman lain seperti kelapa sawit dan jenis tanaman lainnya.

b.      Thermometer Tanah Gundul
Thermometer ini sama dengan termometer berumput yang membedakan hanya pada jenis tanahnya yaitu atanah gundul dan tanah berumput.
Description: DSC00214
Gambar thermometer tanah gundul
Cara Kerja:
Pada dasarnya cara kerja dari alat ini hampir sama dengan termometer tanah berumput yaitu jika suhunya naik maka air raksa dalam reservoir akan naik dan menunjukkan skala pada pipa.
Kita dapat mengetahui dengan mudah jenis tanaman yang dapat tumbuh seperti tanaman yang berumur pendek misalnya kacang-kacangan, padi dan berbagai jenis tanaman yang cocok untuk tanah gundul

H.  ALAT PENGUKUR KECEPATAN ANGIN
          Cup counter Anemometer
Alat ini berfungsi untuk mengukur arah dan kecepatan angin rata-rata.


Cara Kerja:
Mangkok akan berputar karena tertiup angin dan akan berputar maka angka yang terdapat pada counter akan bertambah bilangannya dari counter tersebut akan diketahui arah dan kecepatan angin rata-rata. Dalam satuan km/ jam.

I.       ALAT PENGUKUR INTENSITAS RADIASI MATAHARI
Actinograph
alat untuk mengukur total intensitas dari radiasi matahari langsung. Maksud dari pengukuran intensitas radiasi matahari ini adalah untuk mengetahui total intensitas radiasi yang jatuh pada permukaan bumi baik yang langsung maupun yang dibaurkan oleh atmosfer





Cara kerja:
jika terdapat radiasi matahari yang mengenai lempengan - lempengan tersebut, lempengan yang berwarna hitam akan menyerap panas lebih banyak sehingga logam hitam tersebut lebih panjang dibandingkan dengan logam berwarna putih yang sifatnya kurang menyerap panas.
Diantara lempengan tersebut disambung dengan pena yang apabila terjadi perubahan temperatur menyebabkan perubahan panjang sehingga potongan lempeng logam tersebut akan menggerakkan pena. Pena tersebut bergerak naik turun. Makin besar intensitas radiasi matahari yang mengenai lempengan logam maka makin besar pula perbedaan temperatur kedua logam tadi. Semakin besar perbedaan temperatur semakain besar pula perbedaan panjang sehingga pena bergerak semakin tinggi.
Sistem pencatatan pena pada pias dilakukan secara mekanis. Pena bergerak naik turun pada pias yang yang digulung pada silinder jam sehingga dapat membuat jejak (grafik) pada kertas pias yang direkatkan pada silinder yang berputar. Kertas pias tersebut terdapat skala waktu dan satuan luas Dari kertas pias tersebut dapat kita peroleh hasil rekaman intensitas radiasi matahari total di suatu tempat selama waktu tertentu ( harian atau mingguan)

J.       ALAT PENGUKUR TEKANAN UDARA
a)      Barometer
alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara. Barometer umum digunakan dalam peramalan cuaca, dimana tekanan udara yang tinggi menandakan cuaca yang "bersahabat", sedangkan tekanan udara rendah menandakan kemungkinan badai.
           
b)     Barograph
Barograph merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui tekanan udara yang direkam pada kerta pias. Pada umumnya barograph berupa barometer aneroid. Alat ini memberikan rekaman grafik yang kontinyu dari tekanan udara sekitar.

Cara kerja:
perubahan tekanan udara permukaan logam tipis, dan perubahan ini diteruskan secara mekanik dengan pena yang bergerak di atas kertas yang menempel pada sebuah drum.  Drum perekam digerakkan secara presisi baik menggunakan mekanisme jarum jam manual maupun jarum jam battery. Hasil rekamannya disebut barogram.

K.      ALAT PENGUKUR SUHU DAN KELEMBABAN SEMI OTOMATIS
 Termohigrogroph
alat yang digunakan untuk mengukur kelembaban udara
Cara kerja :
kenaikan kelembaban udara menyebabkan rambut menyerap uap air sehingga rambut mengembang dan akan menggerakan sistem tuas sehingga pena kelembaban udara bergerak dan menggoreskan pada kertas grafik.
















BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
-      Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala cuaca dalam ruang dan waktu yang terbatas.
-      Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala cuaca secara umum dalam waktu yang lebih lama dan pada daerah relatif luas.
-      Cuaca adalah keadaan udara pada suatu saat, dalam waktu singkat dan pada suatu tempat atau daerah tertentu yang lingkupnya sempit.
-      Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dalam waktu satu tahun yang penyelidikannya dilakukan dalam waktu yang lama (minimal 30 tahun) dan meliputi wilayah yang luas perubahan pada iklim yang dipengaruhi langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia yang merubah komposisi atmosfer yang akan memperbesar keragaman iklim teramati pada periode yang cukup panjang.
-      Dalam Meteorology dan Klimatologi mengkaji aspek-aspek dan fenomena alam yang berkaitan dengan cuaca dan iklim
-      Alat - Alat Metereologi yang biasa digunakan untuk mempermudah penelitian.
-      Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mempunyai fungsi untuk melakukan penulisan hasil pembacaaan atau pengukuran alat meteorology.
B.     SARAN
Melakukan pengamatan terhadap cuaca dan iklim membutuhkan ketepatan dan keakuratan. Sehingga diharapkan kepada mahasiswa agar dapat memahami unsus-unsur pembentukan cuaca dan iklim, juga dapat mengetahui cara kerja alat-alat metereologi dan klimatologi serta dapat  mengumpulkan dan megolah datanya.


Comments

Popular posts from this blog

CARA MERUBAH LINE MENJADI POLYGON PADA ArcMap 10.1

Layout Peta dengan Mudah Dengan ArcGis

Generalization, Eliminate, membersihkan data, menghilangkan polygon yang kecil, AcrGis, Toolboox,