Geowisata, Akomodasi , jenis2 penginapan

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Penginapan atau akomodasi saat berpergian atau liburan adalah jenis tempat tinggal dalam perjalanan dimana orang yang harus tinggal jauh dari rumah lebih dari satu hari keperluan tempat untuk tidur, istirahat, keselamatan, tempat berteduh dari suhu dingin atau hujan, penyimpanan barang, serta akses ke fungsi umum pada rumah tangga.
Penginapan dapat dilakukan pada hotel, resor, apartemen, hostel atau hostal, rumah pribadi (komersial, yaitu sebuah tempat tamu untuk tidur yang mendapatkan sarapan pagi atau rumah sewa tempat liburan, yang non-komersial dengan keanggotaan layanan keramahan atau tamu di rumah teman), dalam sebuah tenda saat berkemah (sering di perkemahan) dengan termasuk masalah sampah.
Kegiatan tidur biasanya dilakukan dengan berbaring di tempat tidur atau umumnya dengan permukaan yang lembut, seperti pada sebuah kasur, kasur udara seperti pada beberapa jenis kereta api yang menyediakan tempat tidur berbaring.
Ada kalanya penginapan dilakukan dengan tidur sambil duduk karena disebabkan tidak memungkinkan untuk berbaring misalnya dalam sebuah kereta api (atau tidur dalam mobil), bus, duduk di ruang tunggu, di jalan atau di taman, dll kursi dengan pengaturan (recline) membolehkan sesuatu antara duduk dan berbaring yang kenyamanannya tergantung pada tata letak
B.    Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas adalah:
1.     Apa itu penginapan ?
2.     Apa saja Jenis – jenis penginapan ?
3.       Tujuan Penelitian
1.   Untuk mengetahui pengertian penginapan.
2.   Untuk mengetahui jenis - jenis penginapan.

BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian Akomodasi ( Penginapan)
Akomodasi adalah suatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian. Dalam kepariwisataan akomodasi merupakan suatu industri, jadi pengertian industri akomodasi adalah suatu komponen industri pariwisata, karena akomodasi dapat berupa suatu tempat atau kamar dimana orang-orang / pengunjung / wisatawan dapat beristirahat /menginap / tidur, mandi, makan dan minum serta menikmati jasa pelayanan dan hiburan yang tersedia .
Akomodasi wisata secara umum dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :
a.     Akomodasi Komersil, yaitu akomodasi yang dibangun dan dioperasikan semata-mata untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.
b.     Akomodasi Semi Komersil, yaitu akomodasi yang dibangun dan dioperasikan bukan semata-mata untuk tujuan komersil, tetapi juga untuk tujuan sosial (masyarakat yang kurang mampu).
c.     Akomodasi Non Komersil, yaitu akomodasi yang dibangun dan diopersikan semata-mata untuk tujuan non komersil, yaitu tidak mencari keuntungan atau semata-mata untuk tujuan sosial atau bantuan secara cuma-cuma, namun khusus untuk golongan/kalangan tertentu dan juga untuk tujuan tertentu.
B.    Jenis – Jenis Akomodasi
Jenis-jenis Sarana Akomodasi:
 a. The Tourist Hotel
Hotel ini adalah bentuk akomodasi wisata tertua. Ada tiga hotel di Perancis, yaitu hotels counterparts, hotel jaringan (chain hotels), rantai hotel dan relawan (chain hotels and volunteers).
b.     Les Campings (hotel diluar)
Terdiri dari tiga lokasi: lokasi dipinggir jalan (lokasi bagi para wisatawan tidak hanya memilih tinggal); menyewa ruang dalam setahun (lokasi tergantung pada residential tenancies, yaitu satu klien untuk seluruh periode pembukaan kamp); dan sewa lokasi (lokasi kelompok akomodasi yang tenang (Chalet, bungalo atau rumah mobil (caravan)).
c.     Furniture tourism
Ini adalah bentuk akomodasi wisata yang ditujukan untuk klien dari bagian yang ingin tinggal beberapa hari, didasarkan pada sewa tetap untuk perhari, mingguan atau bulanan dan yang tidak memilih menetap.
d.     Residences Wisata (Résidences de tourisme)
Jenis akomodasi yang menawarkan akomodasi individu dan kelompok, disewa perhari, mingguan atau bulanan, diklasifikasikan dari bintang 1 sampai bintang 4 tergantung pada peralatan dan jasa yang ditawarkan.
e.     Liburan Desa (Villages de vacances in French dan Holiday Villages in English)
Holiday Villages menawarkan liburan pada harga tetap dengan pemberian makanan atau sarana untuk persiapan.
f.      Résidences secondaires (rumah kedua)
Menurut INSEE (Institut National de la Statistique et des Etudes Economiques), definisi Résidences secondaires (rumah kedua) adalah rumah yang digunakan untuk akhir pekan, rekreasi atau liburan.







BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Akomodasi adalah suatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian.
Akomodasi wisata secara umum dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :
a.  Akomodasi Komersil
b.  Akomodasi Semi Komersil
c.  Akomodasi Non Komersil
Jenis-jenis Sarana Akomodasi:
a.     The Tourist Hotel
b.     Les Campings (hotel diluar)
c.     Furniture tourism
d.     Residences Wisata (Résidences de tourisme)
e.     Liburan Desa (Villages de vacances in French dan Holiday Villages in English)
f.      Résidences secondaires (rumah kedua)
B. Saran
Setiapa tempat – tempat pariwisata harus menyediakan penginapan yang nyaman sehingha pengunjuang menjadi nyaman n fasilitas penginapan harus lengkap sehingga menjadi daya tari bagi wisatawan









DAFTAR PUSTAKA

Jurnal Dampak Perkembangan Pembangunan Sarana Akomodasi Wisata Terhadap Pariwisata Berkelanjutan Di Bali. Rossi Evita, I Nyoman Sirtha,I Nyoman Sunartha

Comments

Popular posts from this blog

CARA MERUBAH LINE MENJADI POLYGON PADA ArcMap 10.1

Layout Peta dengan Mudah Dengan ArcGis

Generalization, Eliminate, membersihkan data, menghilangkan polygon yang kecil, AcrGis, Toolboox,